Siapa Tahu Jenis Usaha Ini Cocok

Proses wisuda dan kelulusan memang akan sangat menggembirakan bagi siapapun. Namun sayangnya, setelah lulus umumnya para fresh graduates ini akan kembali bingung karena ia harus segera mencari pekerjaan agar tidak menganggur. Meski telah mempunyai gelar sarjana, hal ini tak lantas melancarkan jalan mereka menempati posisi di perusahaan impian. Hal itu disebabkan karena persaingan mendapatkan pekerjaan sangat sengit dan ketat, membuat para fresh graduates ini tidak sedikit yang menganggur akibat sulitnya mendapatkan pekerjaan.
Melihat hal ini, beberapa dari para fresh graduates ini memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis dan menjadi entreprenuer. Keputusan ini memang tidaklah salah, mengingat kegiatan di dunia bisnis ini akan banyak membawa manfaat bagi yang menjalankannya. Bagi kamu yang juga menginginkan untuk menjadi pengusaha setelah prosesi kelulusan dengan modal yang minim, kamu bisa mencoba beberapa ide bisnis berikut ini.

1. Reseller Produk Online Shop

Menjadi Dropshipper
Menjadi Reseller Produk Online Shop via remoteonlineworkfromhome.com

Ide bisnis dengan modal usaha minim pertama yang bisa kamu kerjakan setelah kelulusan adalah menjadi reseller produk online shop. Menjadi seorang reseller sebuah produk online memang tidak akan membuat kamu harus mengeluarkan uang sepeser pun. kamu hanya bertugas memasarkan produk dan ketika ada konsumen membeli produk kamu, maka kamu akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut. Kegiatan stok barang dan pengiriman barang sendiri akan dilakukan oleh pihak supplier (online shop owner). Meski sangat menguntungkan, namun ada satu hal yang perlu kamu ingat yaitu untuk bisa menjadi reseller, kamu memang harus berjuang keras menawarkan jasa kamu kepada beberapa toko online. Tapi ketika kamu berhasil mendapatkan supplier (online shop owner) yang mau menerima kamu, yakinlah kegaiatan ini akan sangat menyenangkan dan memberi banyak manfaat.

2. Jualan Kartu Perdana Internet Murah

Jual Kartu Perdana Murah
Jual Kartu Perdana Murah via cauchymurtopo.files.wordpress.com

Internet memang telah menjadi sesuatu atau kebutuhan bagi banyak orang. Jika kamu memiliki channel atau jaringan agen atau distributor dari penjualan kartu perdana internet ini kamu bisa memanfaatkannya untuk usaha atau bisnis. Untuk memulai bisnis ini kamu tidak harus langsung memiliki tempat permanen sebagai toko. kamu bisa mulai memasarkan dan menjual kartu perdana internet ini secara langsung dari orang ke orang. Mulailah dari teman-teman atau mungkin adik tingkat yang masih kuliah atau sekolah. Penggunaan smartphone berbasis jaringan internet yang makin marak ini membuat peluang bisnis kartu perdana internet ini akan semakin besar menghasilkan keuntungan.

Baca Juga : Tips Bekerja Bagi Para Freshgraduate

3. Penerjemah Bahasa Asing

 Translator Bahasa Asing
Penerjemah Bahasa Asing via smartling.com

Jika kamu adalah lulusan jurusan atau prodi bahasa asing, maka kamu bisa mencoba menjadi seorang translator atau penerjemah. Seorang translator saat ini memang sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Dengan hanya bermodal laptop atau PC serta modem internet, kamu bisa mencari informasi job atau project translator secara freelance ini dibeberapa situs freelance job. Dengan sedikit negosiasi yang tepat, kamu bisa mengerjakan beberapa project dari sebuah perusahaan untuk bisa mendapatkan penghasilan atau pendapatan tertentu.

4. Jasa Desain Untuk Clothing Line, Website, atau Blog

Jasa Pembuatan Web
Jasa Pembuatan Desain Untuk Website via bikinwebsite.net

Bertumbuh pesatnya media online tentu saja akan banyak membawa peluang dan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan. Media-media online yang bisa berupa website, blog dan clothing line ini bisa menjadi sasaran kamu untuk kamu maintenance sedemikian rupa dengan kemampuan desain yang kamu miliki. Jasa untuk membuat desain website ini memang kini banyak yang membutuhkan. Tak hanya datang perorangan, beberapa company atau perusahaan juga acap kali membutuhkan jasa desainer untuk media online yang dimilikinya. Untuk bisa mendapatkan uang dari jasa ini yang kamu perlukan hanyalah sebuah laptop, internet dan tentu saja keahlianmu. Pekerjaan ini juga bisa kamu dapat dengan part time untuk kamu kerjakan secara remote atau jarak jauh dari rumah.

5. Jasa Penitipan Anak

 Tempat Penitipan Anak
Tempat Penitipan Anak via viralportal.net

Dewasa ini beberapa orangtua memang banyak yang sangat sibuk dengan pekerjaannya di kantor. Terutama untuk masyarakat kota besar, fenomena orangtua yang kemudian harus menitipkan anaknya ke day care memang sudah sangat lumrah. Nah untuk kamu yang punya tempat yang cukup luas di rumah, kamu bisa memanfaatkanya untuk membuka jasa penitipan anak guna memperoleh penghasilan. Untuk bisa memulai usaha ini, kamu bisa mulai menawarkan jasa penitipan anak ini kepada para ibu-ibu pekerja atau mungkin ibu yang hendak pergi tapi tidak bisa membawa anaknya. Biasanya para penitip anak akan membayar kamu per hari saat ia menjemput lagi. Jika kamu bisa membuat pelayanan yang maksimal dan memuaskan untuk para pelanggan kamu, maka bisa saja kamu akan mendapatkan order yang lebih besar lagi.

6. Jasa Pesan Antar

Jasa Antar Barang
Jasa Pengantaran Barang via i.huffpost.com

Kebutuhan manusia akan layanan yang mudah dan cepat kini semakin tahun memang semakin diminati. Terutama di kota-kota besar, layanan yang mudah dan cepat ini sepertinya telah menjadi primadona konsumen. Tidak mengherankan bila kemudian banyak bisnis yang menawarkan layanan ekstra seperti order delivery untuk bisa memuaskan para pelanggannya. Meski telah banyak bisnis yang menawarkan layanan ekstra ini, ternyata permintaan pada jasa delivery ini tetap tak terbendung. kamu yang memiliki waktu dan kendaraan bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bisa mendapatkan penghasilan atau pendapatan.
Caranya? Jalankan bisnis jasa delivery service yang secara khusus menjajakan jasa pengantaran apapun sesuai dengan kebutuhan orang. kamu bisa saja melayani beberapa jasa antar seperti jasa antar makanan, jemput anak sekolah, dokumen atau mungkin jasa antar laundry. Kamu bisa menentukan fee pengantaran berdasarkan jauh dekatnya jarak atau mungkin lama di perjalanan.

7. Pedagang Barang-barang Import

Jualan Pakaian Import
Jualan Barang Impor via blogspot.com

Terakhir, ide bisnis dengan modal minim pertama yang bisa kamu kerjakan setelah prosesi kelulusan adalah berdagang barang-barang impor. Jenis bisnis ini bisa dilakukan oleh kamu yang sering berpergian ke luar negeri atau yang punya akun pembayaran paypal. Kamu bisa berbelanja aneka barang dalam jumlah banyak dari di luar negeri dan untuk dijual lagi di Indonesia. Kamu bisa menawarkan harga yang lebih tinggi namun memiliki kelebihan jika dibanding mereka harus ke luar negeri dengan ongkos yang besar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »