Yuk Berbakti Kepada Orangtua Kita



Dalam Islam, posisi  kedua orangtua sangatlah mulia. Bahkan seorang Muslim diwajibkan berbakti kepada kedua orangtuanya. Berbuat baik kepada kedua orangtua dan menjaganya dengan penuh kasih sayang adalah kewajiban yang diperintahkan oleh Allah SWT.
Dalam firman Allah SWT: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut maka pemeliharaanmu. Maka sekali-kali janganlah mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah ‘Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya sebagaimana mereka kedua telah mendidik aku waktu kecil,’” (QS. Surat Al-Israa ayat 23 dan 24).
Berbakti kepada kedua orangtua adalah salah satu kunci kesuksesan seorang anak, baik di dunia maupun di akhirat. Ketika hari ini kita merasa banyak gangguan, rintangan, masalah yang datang silih berganti, maka bisa jadi hal tersebut dikarenakan hubungan dan akhlak kita kepada orangtua yang kurang  baik. Untuk menjaga hubungan kita dengan kedua orangtua tetap terjaga, agar segala urusan kita dilancarkan oleh Allah, agar kita mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.  Maka berikut ini beberapa keutamaan berbakti kepada kedua orang tua, seperti dipaparkan dalam hadist-hadist.
1. Merupakan suatu amal yang utama. Berbakti kepada kedua orangtua ini merupakan salah satu amal yang paling utama. Mengapa paling utama? Karena adanya dasar dari hadist Nabi yang telah disepakati oleh  Bukhari dan Muslim, dari sahabat Abu Abdirrahman Abbullah bin Mas’ud berkata:
“Aku pernah bertanya kepada Rasulullah SAW. Amalan apa yang paling dicintai Allah?”. Beliau menjawab, “Shalat pada waktunya.” Aku melanjutkan. “Kemudian apa?”. Beliau menjawab. “Berbakti kepada kedua orang tua.”  Lalu aku bertanya lagi. “Kemudian apa?” Beliau menjawab. “Berjihad di jalan Allah””. (Hadits Riwayat Bukhari).
2. Akan Mendapatkan Ridho Allah Melalui Ridho Orang Tua. Allah memberikan ridhonya tergantung dari ridho kedua orangtua. Pada hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Tirmidzi Hakim bahwa Rasulullah bersabda:
“Ridho Allah tergantung kepada keridhoan orang tua dan murka Allah tergantung kepada kemurkaan orangtua”.
3. Tiket Menuju Surga. Berbakti kepada kedua orangtua merupakan tiket menuju surga. Dalam hadits diistilahkan orangtua adalah “Ausathu abwaabil jannah” pintu surga yang tengah-tengah. Rasulullah SAW bersabda:
“Orangtua adalah paling pertengahan dari pintu-pintu surga. Jika kamu mau, sia-siakanlah pintu itu (kau tidak mendapat surga) atau jagalah ia (untuk mendapatkan pintu surga itu),” (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).
4. Berbakti kepada kedua orangtua akan dilancarkan rezeki dan panjang umur. Berbakti kepada kedua orangtua adalah sama dengan keutamaan silahturahmi yakni dipanjangkan umur dan ditambah rezekinya. “Siapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan ditambah rezekinya, maka hendaklah ia berbakti kepada kedua orangtuanya dan menyambung silaturahim,” (HR. Ahmad).
sumber: http://menatahidup.com/4-hal-keutamaan-berbakti-kepada-kedua-orang-tua/

Artikel Terkait

Previous
Next Post »