Tips Aman Arung Jeram

Tips Keselamatan saat melakukan Olahraga Arung Jeram
Banyak orang yang melihat bahwa arung jeram adalah olahraga yang berbahaya. Jika dilihat secara keseluruhan maka olahraga arung jeram tidak selalu menimbulkan potensi bahaya. Proses arung jeram yang dilakukan sesuai dengan prosedur tidak akan menimbulkan bahaya. Jadi, jangan lupa untuk terus memperhatikan keselamatan selama arung jeram.
Berikut ini adalah beberapa tips keselamatan saat melakukan olehraga arung jeram:
1. Memakai Jaket Pelampung
Olahraga arung jeram bisa menjadi olahraga yang berbahaya, jika dilakukan pada ketinggian debit air tertentu dan memiliki medan trek yang sulit. Selain itu selalu ada potensi bahwa tubuh Anda mungkin akan terhempas ke air. Jika Anda bisa berenang maka itu bukan jaminan yang kuat untuk keselamatan. Memakai jaket pelampung akan membantu Anda ketika badan terhempas ke air. Jaket pelampung  bisa berfungsi saat arus air sedang kencang.
2. Gunakan Perangkat Pelindung
Perlengkapan perlindungan adalah peralatan yang tidak boleh ditinggalkan ketika melakukan arung jeram. Harus memakai helm untuk perlindungan kepala, kaus tangan jika diperlukan. Peralatan keselamatan biasanya selalu akan diperkenalkan oleh instruktur arung jeram.
3. Pakailah Pakaian yang Nyaman
Pakaian yang dipakai saat arung jeram hendaknya juga sesuai dengan kebutuhan. Jangan memakai sandal dengan hak tinggi atau sepatu kets yang bisa menyerap banyak air. Semua pakaian yang nyaman lebih baik dipakai daripada harus mementingkan gaya.
4. Ikuti Proses Briefing
Proses briefing biasanya akan diperkenalkan ke semua peserta arung jeram. Jangan pernah menyepelekan semua instruksi yang diberikan oleh ketua atau panitia arung jeram. Instruksi penting biasanya berkaitan dengan :
  • teknik dayung
  • teknik bertahan dalam perahu
  • teknik untuk menguasai arus deras
  • cara untuk menyelamatkan diri saat jatuh ke air
Ikuti semua petunjuk sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka bisa mengetahui jalan keluarnya.
5. Ikuti Pemimpin saat Arung Jeram
Dalam satu perahu yang digunakan untuk arung jeram, biasanya akan dipimpin oleh seorang pemimpin. Pemimpin yang akan memberikan aba-aba kepada semua peserta. Dalam proses arung jeram maka sebaiknya terus menaati perintah pemimpin dan tidak membuat hal yang bersifat membahayakan semua peserta.
6. Tidak Mudah Panik
Jangan mudah panik, itulah salah satu hal yang paling sering dikatakan dalam olahraga arung jeram. Para peserta harus percaya kepada semua anggota dalam satu perahu sehingga jika terjadi hal-jal yang tidak dibayangkan maka bisa mudah mengambil tindakan.
7. Kuasai Teknik Berenang
Arung jeram tidak membutuhkan keahlian berenang secara khusus karena berenang di arus sungai memang sangat sulit. Untuk mencegah semua kecelakaan maka semua orang yang ingin melakukan arung jeram harus menguasai teknik berenang. Manfaat berenang tidak hanya menyehatkan badan, namun dapat menjamin keselamatan dalam kondisi tertentu.

MAGELANG ADVENTURE
Kantor Semarang:
Gg. Salak, Muntal, Gunungpati, Semarang
Telp. (024) 7691 7578
HP:
Solikin: 085640750440 | 081226274340
Suratman: 085640398242 

Kantor Magelang:
Gergunung, Ambartawang, Mungkid, Kab. Magelang
HP:
Mas Pratik: 08157920944 | 082225510701

Artikel Terkait

Previous
Next Post »