Manfaat Psikologis Rafting

Arung jeram telah menjadi kegiatan yang semakin populer bagi orang-orang di seluruh dunia. Meskipun dikenal sebagai latihan fisik yang luar biasa, tidak banyak orang yang sadar dari sekian banyak manfaat psikologis arung jeram.

Arung jeram pasti menyediakan latihan fisik yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan tubuh yang baik. Ia melatih setiap bagian dari tubuh lebih baik daripada peralatan pelatihan yang berani mengklaim. Namun, manfaat psikologis arung jeram sangat melebihi manfaat fisiknya.

Salah satu keuntungan arung jeram adalah melepaskan diri dari dunia monoton kita. Orang dapat beristirahat dari kenyataan dan melupakan daftar things-to-do mereka. Ini membawa kita keluar dari kota yang penuh dengan kebisingan, faktor-faktor yang menekan, dan melepaskan diri ke lingkungan yang lebih tenang. Pikiran dapat difokuskan pada bersenang-senang dan santai. Tindakan sederhana melepaskan diri dari bekerja adalah keajaiban bagi jiwa. Menghapus faktor tekanan bahkan hanya untuk sehari pun, bisa menghidupkan jiwa seseorang.

Sungai penuh dengan pemandangan yang indah. Suara-suara alam yang terbukti menenangkan bahkan untuk bayi. Udara segar dan kedamaian memberikan ketenangan yang tidak dapat ditemukan di kota. Alam sendiri adalah menenangkan dan melepaskan stress untuk sebagian besar. Kekaguman dan keheranan akan keindahan alam bisa menyegarkan indra seseorang dengan cara-cara membayangkan yang tak terbayangkan.

Sekarang berarung jeram. Tindakan menaiki gelombang deras menerjang semua di sekitar Anda, mendayung dan mengarahkan gelombang berbahaya. Ini menciptakan gairah lebih dari beberapa kegiatan lainnya. Kegembiraan yang intens dan ekstrim melatih fisik yang terlibat dalam kegiatan arung jeram memompa aliran sungai adrenalin. Pelepasan adrenalin secara alami mengurangi stress.

Karena sungai arung jeram adalah kegiatan kelompok, maka setiap orang di perahu harus bekerja sama sebagai sebuah tim. Kerja tim ini membangun solidaritas yang memiliki keuntungan psikologis. Banyak dari apa yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari tidak melibatkan kerja sama tim. Faktanya, dalam banyak kasus kita dipaksa untuk bekerja sendiri atau terhadap orang lain. Sosialisasi secara alami meningkatkan endorfin yang membantu dalam kesejahteraan psikologis. Ikatan diciptakan ketika melakukan dan berhasil pada tujuan yang sama, seperti kemudi sebuah rakit menyusuri sungai. Arung jeram bisa secara dramatis meningkatkan psikologis seseorang kesejahteraan serta menghidupkan kembali jiwa seseorang.

Meskipun jika perjalanan hanya berlangsung di akhir pekan, manfaat psikologis yang didapat sungguh menakjubkan. Kegembiraan psikis tidak berakhir ketika perjalanan sudah selesai. Studi telah membuktikan bahwa berpikir atau berbicara tentang peristiwa dari suatu kegiatan petualangan seperti arung jeram sungai menciptakan efek yang sama seperti melakukan kegiatan itu sendiri. Dengan kata lain, setelah perjalanan berakhir dan 'kehidupan nyata' mulai lagi, pikiran tentang wisata akhir pekan yang menyenangkan akan terus membawa manfaat menghilangkan stres yang sama seperti yang terjadi ketika anda sedang berada di sana.

Berbicara secara menggebu-gebu tentang mengisi liburan yang menyenangkan sebenarnya akan terus membantu kesehatan psikologis untuk waktu lama yang akan datang. (di terjemahkan dari rafting.co.uk, ditulis oleh peter)

sumber: http://tanimaraoutdoor.blogspot.co.id/

Artikel Terkait

Previous
Next Post »